Wednesday, September 25, 2024

Selembar Daun Jatuh

Hidup adalah rangkaian pertemuan dengan masalah. Tak peduli siapa kita—pejabat, buruh, pelajar, atau pemimpin—masalah akan selalu muncul. Seperti hujan yang datang tanpa pernah kita minta, masalah juga hadir di setiap sudut kehidupan kita. Masalah ini tak pandang bulu; baik si kaya maupun si miskin, pegawai maupun pengusaha, semuanya mendapatkan porsi yang sepertinya sudah diatur dengan cermat oleh tangan yang tak terlihat.


Namun, apakah kita benar-benar mengendalikan semua itu? Dalam perspektif yang lebih luas, seringkali kita lupa bahwa hidup adalah alur yang dirajut oleh Tuhan. Al-Qur'an mengingatkan kita bahwa 


tak satu pun daun yang jatuh dari pohonnya kecuali atas izin-Nya (QS. Al-An'am: 59).


Hal ini mengisyaratkan, bahwa bahkan sekecil apapun peristiwa dalam hidup ini adalah bagian dari skenario besar yang Tuhan gariskan. Apalagi masalah yang besar...

Masalah yang datang, apakah ringan atau berat, sesungguhnya telah disesuaikan dengan kekuatan dan kemampuan kita. Tuhan tak pernah memberi cobaan yang melebihi batas kemampuan manusia.


Tentu, hal ini bukan untuk membuat kita pasrah dalam arti yang sempit, tetapi untuk menanamkan keyakinan bahwa ada hikmah di balik setiap masalah. Setiap tantangan yang kita hadapi bukanlah sekadar ujian tanpa makna, melainkan jalan bagi kita untuk tumbuh, belajar, dan mendekatkan diri kepada-Nya. 


Dengan keyakinan bahwa setiap masalah adalah kehendak Tuhan, kita menjadi lebih tenang. Kita tak lagi gelisah, tak lagi terlalu sibuk mencari alasan atau menyalahkan keadaan. Sebaliknya, kita belajar menerima, berusaha, dan pada akhirnya menyerahkan hasilnya kepada Yang Maha Mengatur.

Semua yang kita punya, apapun itu, pada saatnya akan kita tinggal prunggg...



Tangsel 25 Sept 2024


.

0 komentar: