Saturday, September 14, 2024

Ketika Jenderal Pun Gagal Kabur dari Masalah

Jangan sedih bagi yang sedang punya masalah. Hidup memang penuh masalah, seperti teman yang tidak pernah diundang tapi selalu hadir. Setiap kali kita merasa sudah mencapai puncak kebahagiaan, masalah datang dengan senyum, seolah berkata, "Hey, ingat aku?"


Siapapun, dari kopral hingga jenderal, tidak luput dari masalah. Tidak peduli jabatan atau status sosial, masalah datang tanpa pandang bulu. Bahkan, jenderal yang terhormat pun tidak kebal terhadap godaan masalah. Sebagai contoh, lihat saja lima jenderal terkenal yang akhirnya tersandung masalah dan dipecat dari Polri: Ferdy Sambo, Hendra Kurniawan, Djoko Susilo, Prasetijo Utomo, dan Susno Duadji. Kalau jenderal saja bisa kena, apalagi kita yang cuma rakyat biasa yang tak punya lencana? 


Masalah hidup memang seperti sandal jepit yang hilang satu pasang; kecil tapi mengganggu, dan sering membuat kita terjebak di tengah jalan. Tapi, jika dipikir-pikir, masalah itu bisa juga dilihat sebagai bumbu kehidupan. Tanpa masalah, hidup ini mungkin akan terasa hambar. Bayangkan saja, kalau hidup berjalan mulus tanpa hambatan, apa yang akan kita ceritakan saat reunian?


Solusinya bukan menghindari masalah, tapi bersahabat dengannya. Alih-alih stres, anggap saja masalah sebagai tantangan layaknya bermain video game. Ada level yang sulit, ada musuh yang tangguh, tapi dengan strategi yang tepat, kita akan naik level dan, siapa tahu, mungkin dapat 'bonus' berupa kebijaksanaan.


Jadi, ketika masalah datang, tersenyumlah. Itu artinya, kita masih hidup!

0 komentar: